Berbagi ilmu dan pandangan

Jangan beri Uang ke pengemis cilik


Awalnya, saya sering merasa kasihan kepada pengemis-pengemis cilik jalanan, di usia seperti itu harus melupakan haknya untuk mengenyam ilmu dan bermain-main, dengan uang seadanya yah saya sisihkan recehan untuk mereka…

seperjalanan waktu, saya tidak merasa cara memberi uang secara langsung di jalan tidaklah efisien, plang pengumuman di jalan dago dengan jelas menghimbau agar tidak memberi mereka uang karena toh hasilnya tidak sepenuhnya digunakan oleh anak-anak ini, kaum yang jauh lebih superior dari mereka-lah yang “merampas” hak anak-anak. sehingga wakt itu saya benar-benar memutuskan untuk tidak berbagi kepada mereka…

namun seperjalanan waktu, kesekian kalinya saya kehilang handphone , kali ini kecurian, sahabat sih nyeletuk bilang “kurang amal kali?? ” walau cuma cletukan tapi saya rasa dia benar… tapi bagaimana cara? uang yg kita beri tidak dimanfaatkan sepenuhnya oleh mereka, tapi thanks to marin, dia memberikan cara lain yang sederhana,

“eh, gw pengen ikutan cara ngasih susu ke pengamen cilik deh!”
Susu? benar juga, saya rasa cara ini tampaknya tepat

gambar diambil dari sini
So, saya mencoba untuk membiasakan diri membawa sekotak susu kalau ingin bepergian, dan alih-alih memberi uang, susu-lah yang saya beri, semoga dengan hal kecil ini, dahaga mereka cukup terpenuhi dan setidaknya ada gizi yang langsung mereka asup

12 responses

  1. Iya ya, mending ngasih sesuatu yg lebih nyata daripada uang. Kalo dikasih uang ntar malah dibeliin rokok.๐Ÿ˜ฆ

    March 5, 2010 at 10:19 AM

    • bahkan ngelem +_+, duh nakkk nak…

      March 5, 2010 at 2:58 PM

  2. yoi biar bisa lebih berguna yak
    drpd duit suka salah pemakaiannya๐Ÿ˜€

    March 5, 2010 at 12:58 PM

  3. Keren idenya,
    Kalau kasih permen susu gimana๐Ÿ˜€

    March 9, 2010 at 2:33 PM

    • takutnya terkesan murahan, malah dilempar balik =_= , tapi permen lollipop susu kali ya๐Ÿ˜›

      March 10, 2010 at 6:53 AM

  4. Usup Supriyadi

    subhanalloh,
    tulisanmu ini membuat saya sadar dan akan mencoba langkah yang diambil tersebut .

    ya, kita berikan yang berguna .

    terima kasih, nice post .

    March 10, 2010 at 7:29 AM

    • wah sama2๐Ÿ˜€ *jadi makin termotivasi*

      March 12, 2010 at 1:32 AM

  5. serba salah memang, tapi kalau memberi mereka uang sama saja menjerumuskan merekas sendiri, toh mereka hanyalah anak2 yg dimangsakan oleh tgn yg lebih besar, tindakan memberi barang selain uang keknya bagus juga…^^

    March 14, 2010 at 8:17 AM

  6. waw! luar biasa gan! mantap idenya!
    ayo bangkit untuk Indonesia yang lebih baik!
    klo bleh usul , buat program nyatanya gan kita terjun langsung ke lapangan..
    sering2 main ke website ane yaaa..tnhx..

    May 21, 2010 at 2:38 AM

  7. bener juga ya. Mendingan kasih sesuatu yang bisa disantap yakni SUSU. Diminum sehat orangnya, dan yang memberi pun berpahala karenanya. Hidup susu

    August 12, 2010 at 4:44 AM

Leave a Reply

